Home / Morowali Utara

Senin, 16 Januari 2023 - 21:11 WIB

Serikat Pekerja Nasional Pertanyakan Tudingan Polisi Soal Adanya Provokator dalam Kerusuhan di PT GNI

Ketua DPC SPN Morowali dan Morowali Utara, Katsaing/Ist

Ketua DPC SPN Morowali dan Morowali Utara, Katsaing/Ist

HARIANSULTENG.COM, MORUT – Tudingan kepolisian yang menyebutkan adanya provokator dalam kerusuhan di PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) dipertanyakan Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kabupaten Morowali dan Morowali Utara.

“Yang dimaksud provokator ini seperti apa? Aksi mogok serikat pekerja sudah sesuai dengan prosedur dan syarat admistrasinya sudah dilakukan. Dan mogok kerja yang diatur dalam undang-undang itu sudah jelas,” ujar Ketua DPC SPN Morowali dan Morowali Utara, Katsaing kepada HarianSulteng.com, Senin (16/1/2023).

Sebelum terjadi kerusuhan, SPN telah mengirim surat kepada dinas ketenagakerjaan (disnaker) setempat perihal rencana aksi mogok kerja beserta sejumlah tuntutan.

Baca juga  Ketahuan Beraksi, Pencuri Tembaga Tewas Usai Nekat Lompat dari Lantai Tiga Smelter PT GNI Morut

Terdapat 10 isu dan tuntutan pekerja tergabung dalam SPN kepada PT GNI, di antaranya pengadaan alat pelindung diri (APD), ganti rugi bagi karyawan yang mengalami kecelakaan kerja, membuat peraturan perusahaan, tunjangan skill jika pekerja izin atau sakit dan peningkatan pelayanan di klinik perusahaan.

Kemudian tidak diterimanya SKS dari luar klinik perusahaan, diskriminasi soal kontrak kerja, menyetop PWKT untuk pekerjaan yang bersifat tetap, tidak adanya tunjangan tetap secara merata, serta meminta perusahaan memasang sirkulasi udara.

Baca juga  Soal Pelayanan Publik, Bung Jeff: Urusan Administrasi Jangan Dipersulit

Pihak kepolisian bersama Disnaker Morowali Utara kemudian memediasi kedua belah pihak sehingga diadakanlah pertemuan pada 10 Januari 2023.

“Setelah surat masuk maka terjadilah pertemuan. Namun yang hadir itu bukan manajemen pusat, melainkan hanya diwakilkan ke manajemen di tingkat perusahaan. Sementara manajemen perusahaan tidak bisa mengambil keputusan terkait masalah poin-poin tuntutan tersebut. Sehingga teman-teman serikat sepakat untuk di pending hingga 13 Januari,” terang Katsaing.

Share :

Baca Juga

Stafsus Menteri Pertanian, Yesiah Ery Tamalagi dorong petani pingkar tambang di Morut sokong kebutuhan pangan pekerja/Ist

Morowali Utara

Stafsus Menteri Pertanian Dorong Petani Lingkar Tambang di Morut Sokong Kebutuhan Pangan Pekerja
Polisi bantu warga pikul motor seberangi banjir di Morowali Utara/Ist

Morowali Utara

Polisi Bantu Warga Pikul Motor Seberangi Banjir di Morowali Utara
Ilustrasi/KPK RI

Morowali Utara

Negara Rugi Rp 8 Miliar, KPK Ambil Alih Kasus Korupsi Pembangunan Kantor DPRD Morut
Bung Jeff mengunjungi para tokoh agama di desa Mohoni, Kecamatan Petasia Timur, Kabupaten Morowali Utara (Morut), Sulawesi Tengah, Senin (29/1/2024)/Ist

Morowali Utara

Jalin Silaturahmi, Bung Jeff Sambangi Tokoh Agama di Desa Mohoni Morut
Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) kabupaten Morowali Utara (Morut) menggelar konsolidasi dan pendidikan politik menuju kemenangan Pemilu di tahun 2024 mendatang.

Morowali Utara

DPD Partai Nasdem Morut Gelar Konsolidasi dan Pendidikan Politik Hadapi Pemilu 2024
Jeffisa Putra Amrullah/Ist

Morowali Utara

Amankan Kursi DPRD Morut, Bung Jeff Kini Fokus Hadapi Pilkada 2024

Morowali Utara

Situasi di PT GNI Semakin Kondusif, Aktivitas Perusahaan Berjalan Normal
Bentrokan antara TKA dan TKI di di PT Gunbuster Nickel Industry (GNI), Kabupaten Morowali Utara (Morut), Sabtu (14/1/2023) malam/Ist

Morowali Utara

2 Orang Tewas dalam Bentrokan TKA vs TKI di PT GNI, Kapolda Sulteng Akui Pengamanan Minim