Home / Palu

Jumat, 3 November 2023 - 06:31 WIB

AJI Palu-Sosiolog Untad Ingatkan Media Tak Siarkan Identitas Anak Pelaku Kejahatan

Ilustrasi/Ist

Ilustrasi/Ist

HARIANSULTENG.COM, PALUAliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Palu mengingatkan agar media atau pers memerhatikan sejumlah hal dalam memberitakan kasus hukum yang melibatkan anak-anak.

Dalam keterangan resminya, AJI Palu menekankan terkait penyembunyian identitas anak yang berhadapan dengan perkara hukum.

Hal itu disampaikan Koordinator Divisi Gender dan Kelompok Marginal AJI Palu, Hamdi Anwar menanggapi kasus pembunuhan murid SD di Kecamatan Palu Barat, Kota Palu.

Diketahui, terduga pelaku merupakan anak di bawah umur berusia 16 tahun. Kasus ini pun viral terutama di jagat media sosial beberapa hari terakhir.

Baca juga  IJTI Sulteng Desak Kapolda Usut Tuntas Kasus Perampasan Ponsel Wartawan di Polres Banggai

“Ini sebenarnya selalu disampaikan berulang. Tak hanya oleh AJI Palu. Semua organisasi jurnalis, selalu mengingatkan bahkan mendesak anggotanya memerhatikan etika liputan kasus kejahatan yang pelaku dan korbannya melibatkan anak di bawah umur,” ungkap Hamdi, Jumat (3/11/2023).

Dikatakan Hamdi, pihaknya banyak menerima aduan dari masyarakat atas pemberitaan pers yang mengungkap jati diri anak dalam kasus kejahatan tersebut.

Padahal, ujar dia, media atau wartawan harus mengindahkan etika peliputan anak di mana identitas korban dan pelaku harus disamarkan.

Baca juga  Kecam Aksi Begal Payudara di Hutan Kota, AMSI Sulteng Desak Polisi dan Pemkot Palu Bertindak

Hal tersebut dikarenakan anak-anak masih mempunyai masa depan yang panjang, sehingga mesti dilindungi dari publikasi yang dapat merugikan mereka.

“Kecerobohan jurnalis melakukan liputan anak yang mengabaikan etika masih terus terjadi. Kami mendapatkan kiriman link berita maupun screenshot, gambar wajah pelaku yang tidak disamarkan. Identitas korban dan pelaku harus disamarkan, baik gambar wajah, alamat, nama orangtua dan lain-lain yang merujuk pada identitas inti korban. Mencantumkan identitas secara rinci akan mengakibatkan trauma yang panjang pada masa depan anak,” terangnya.

Share :

Baca Juga

KPU Kota Palu menggelar forum discussion group (FGD) bertema "Finalisasi Maskot dan Jingle Pilkada Kota Palu Tahun 2024", Sabtu (20/4/2024)/hariansulteng

Palu

Angkat Budaya Masyarakat Suku Kaili, KPU Palu Segera Luncurkan Maskot dan Jingle Pilkada 2024
Wartawan dilarang masuk meliput audiensi BP2P Sulawesi II Satuan Kerja Penyediaan Perumahan dengan penyintas bencana, Selasa (4/1/2022)/hariansulteng

Palu

Wartawan Dilarang Meliput Audiensi BP2P dengan Penyintas Bencana Sulteng
Sebuah mobil Toyota Avanza hitam ringsek tertimpa pohon saat tengah melintas di Jalan Sis Aljufri, Rabu (1/2/2023) malam/hariansulteng

Palu

Avanza Hitam Ringsek Tertimpa Pohon Saat Melintas di Jalan Sis Aljufri Palu
Ketua Panitia Smafesia Fun Fest Mohammad Zacky (baju putih kedua dari kiri,red) bersama ketua Slankers club Palu Mohammad Ramdan (baju hitam ketiga dari kanan,red) saat menggelar konferensi pers di Refan's Cafe/Harian Sulteng

Palu

Grub Band Slank Siap Hibur Warga Kota Palu Awal Tahun ini, Catat Tanggal dan Lokasinya
Kompetisi panjat tebing kategori bouldering di acara Lalove Expo resmi dimulai, Kamis (23/6/2022)/hariansulteng

Palu

70 Pemanjat dari 6 Provinsi Ramaikan Kompetisi Boulder Lalove Expo Palu
Witan Sulaeman jadi sasaran foto warga di acara launching Palu Sport Event, Senin malam (22/5/2023)/hariansulteng

Palu

Hadiri Peluncuran Palu Sport Event, Witan Sulaeman Jadi Sasaran Foto Bareng Warga dan Pejabat
AKBP Baharuddin paparkan kinerja BNN Kota Palu sepanjang Januari-Oktober 2023/hariansulteng

Palu

BNN Kota Palu Beberkan Capaian Kinerja Sepanjang Januari-Oktober 2023
Wakil Wali Kota Palu, Reny A Lamadjido menghadiri rangkaian akhir kegiatan Forum Smart City Nasional/Pemkot Palu

Palu

Kota Palu Sabet Penghargaan Pengembangan Smart City 2023